Rabu, 31 Agustus 2016

Papercutting for Beginners: Belajar Papercut Yuk!


Assalamu’alaikum. Selamat hari yang cerah! Alhamdulillah kita masih diberi kesempatan untuk hidup. Kalau sebelumnya kalian sudah baca post-ku pasti akan terbaca “aku bakalan nulis tutorial papercut” ya kan? Nah kali ini aku bakalan memenuhi janjiku.

            Papercut itu apa sih kak? Papercut itu kerajinan tangan kertas yang berasal dari Cina. Kalau dijaman dahulu adanya di rumah-rumah wong kaya dan event-event penting saja. Nah apa aja sih yang dibutuhin untuk buat papercut? Mau tau?   
1. Niat, kalian harus punya niat yang kuat untuk memulai papercut ini. Kenapa? Karena papercut bukan sekedar potong sana-sini, melainkan membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Kalian bakalan tahu nanti setelah mengerjakannya.
2. Kertas, untuk kertas boleh warna apa aja dan ketebalan berapa aja. Tetapi untuk pemula aku anjurkan menggunakan kertas berwarna putih dan ketebalan 90 gsm atau bisa juga menggunakan kertas manila.
3. Cutter, berfungsi sebagai eksekutor yang akan menyobek-nyobek si kertas. Cutter yang digunakan aku anjurin yang kecil aja, jangan cutter yang buat potong bawang ya hehehe.
4. Cutting mad, berguna sebagai alas agar meja kalian gak teriris oleh tajamnya pisau. Kalau gak punya cutting mad gimana kak? Kalian bisa pakai tumpukan koran, kira-kira 30 lembar atau pakai buku bekas sebagai alasnya. Kalian juga bisa pakai cutting board (beli aja di toko buku terdekat).
5. Pensil, penghapus, dan penggaris, untuk menggambar pola.
6. Coreldraw, taukan aplikasi ini? Aku biasa menggunakannya untuk membuat pola.
Aku inget-inget ini aja sih yang biasa digunakan kalau lagi cutting. Di postingan basic papercutting ini aku sudah membuat pola menggunakan coreldraw, polanya boleh kalian download kok. Sebelum mulai kalian bisa berdoa dan menyiapkan kertas kosong dan mulai menyayat lurus kira-kira 5cm ke bawah sebanyak 10 kali, dan 5cm ke samping sebanyak 10 kali.
Basic 1 aku lampirkan 8 pola gambar di kertas ukuran A4. Kalian boleh print menggunakan kertas yang sudah aku sebutin di atas, aku saranin berwarna putih. Warna abu-abu menandakan bagian yang akan dihilangkan sedangkan untuk garis berwarna merah merupakan tempat dimana kita harus meng-cutting (potong) menggunakan cutter. Jadi, yang berwarna putih dibiarkan saja, karena bagian itu yang akan ditampilkan nantinya.
            Untuk Basic 1 ini kalian dapat memulai sesuai dengan urutan nomer yang sudah aku beri ya. Aku sangat menyarankan kalian mengikuti nomer, karena sudah diatur dengan tingkat kerumitannya. Kalau sudah begini hasilnya J punya kalian gimana? Kalau hasil pertama kali mengerjakan kurang memuaskan kalian boleh mengulanginya, kemudian lanjut ke step berikut.
Basic 2. Di sini juga ada 8 pola di kertas ukuran A4. Pengerjaannya sama saja dengan Basic 1 hanya saja lebih rumit. Kalian masih harus menghilangkan pola abu-abu dengan mengikuti garis merah. Harus sabar ya. Nah, di Basic 2 ini kalian udah ngerti gak sih maksud ‘niat’ yang aku tulis tadi? Kalau sudah, berarti kalian akan menjadi papercrafter yang handal. Hasil punyaku seperti ini. Kalian bagaimana? Jangan lupa tag ke instagram aku TISACRAFT. Untuk Pola Basic 3 aku search dikasih om google, kalian juga boleh coba :)
            Sekian dulu postingan untuk basic papercutting ini. Semoga bermanfaat, kalian gak menyerah dan semakin mahir. Sampai jumpa di postingan selanjutnya.
Download Pola Basic 1 
Download Pola Basic 2 
Download Pola Basic 3 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar